Jumat, 06 September 2013

Museum Misi Muntilan

Museum Misi Muntilan Pusat Animasi Misioner

  1. Museum khusus yang menekankan pengembangan nilai - nilai karya misi Keuskupan Agung Semarang ( KAS ) rintisan Pater Frans Van Lith, SJ.
  2. Lembaga karya pastoral KAS yang merupakan konsursium Keuskupan Agung Semarang, Serikat Yesus Provinsi Indonesia dan Konggregasi Bruder FIC Provinsi Indonesia.
  3. Pemersekutu jaringan gerakan - gerakan misioner untuk menumbuhkembangkan Gereja lokal.
  4. Menyajikan koleksi atau peristiwa masa lampau pada kini dan sekaligus menjadikan peristiwa sejarah itu sebagai dasar yang kokoh untuk membangun masa depan.
  5. Museum Misi Muntilan beralamat di Jl. Kartini 3, Muntilan 56411, Magelang, Jawa Tengah. Telp (0293) 587522

Visi
Museum Misi Muntilan sebagai Pusat Animasi Misioner yang mengobarkan semangat misi berdasar inspirasi Rama Van Lith untuk menumbuhkembangkan Gereja Keuskupan Agung Semarang.


Misi
Ikut ambil bagian dalam penmbangan Gereja yang bermakna bagi warganya dan masyarakat dengan : 
  1. Pengembangan iman umat pada umumnya ( propagation of faith )
  2. Pengembangan iman anak dan remaja ( missionary childhood )
  3. Pengembangan panggilan iman dan hidup bakti ( Saint Peter The Apostle )

Tujuan
 Museum Misi Muntilan Pusat Animasi Misioner bertujuan untuk ikut ambil bagian menjamin berkembangnya Gereja Lokal KAS sebagai persekutuan paguyuban - paguyuban murid - murid Tuhan Yesus Kristus

 Bidang Kajian

  • Bidang Edukasi
Bagian karya Museum Misi Muntilan Pusat Animasi Misioner yang menghidupkan Museum Misi Muntilan Pusat Animasi Misioner dengan merumuskan dan mengembangkan konsep misioner berdasarkan sejarah karya misi Keuskupan Agung Semarang dan pegangan pengembangan iman, yaitu Kitab Suci, Tradisi Magisterium dan tanda - tanda zaman.

  • Bidang Koleksi
Bagian karya Museum Misi Muntilan Pusat Animasi Misioner yang mencari, mengumpulkan, menafsirkan nilai - nilai misionernya dan menata dalam sajian, berbagai benda koleksi berdasarkan konsep - konsep misioner dari bidang edukasi Museum Misi Muntilan Pusat Animasi Misioner.

  • Bidang Preparasi dan Konservasi 
Bagian karya Museum Misi Muntilan Pusat Animasi Misioner yang mengelola pemeliharaan dan pengembangan gedung serta sarana dan prasarana lain yang dibutuhkan untuk pemeliharaan dan pengembangan Museum Misi Muntilan Pusat Animasi Misioner.


0 komentar:

Posting Komentar